Pangdam III/Siliwangi Serahkan Bantuan “Perahu Skiff Rescue” Kepada Danrem 064/Maulana Yusuf

    Pangdam III/Siliwangi Serahkan Bantuan “Perahu Skiff Rescue”  Kepada Danrem 064/Maulana Yusuf
    Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., menyerahkan bantuan berupa dua unit “Perahu Skiff Rescue” kepada Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Yunianto, S.Sos., M.M. (Sumberr: Pendam III/Siliwangi)

    Kota Bandung, Jawa Barat – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., menyerahkan bantuan berupa dua unit “Perahu Skiff Rescue” kepada Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Yunianto, S.Sos., M.M. Bantuan tersebut diberikan pada acara pameran Inovasi dan Teknologi Kodam III Siliwangi yang berlangsung di Jalan Aceh No. 69, Kota Bandung, Jawa Barat. Selasa (17/05/2022).

    Informasi tersebut dijelaskan oleh Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto pada Rabu (18/5/2022), disela-sela kessibukannya mendampingi Pangdam III/Siliwangi di Taman Pule Kodam III/Siliwangi.

    Arie mengatakan bahwa penyerahan dua unit “Perahu Skiff Rescue” tersebut sesuai dengan peruntukannya. Hal tersebut berkaitan erat dengan kondisi wilayah teritorial Korem 064/Maulana Yusuf yang memiliki tugas di wilayah teritorial perairan, selain wilayah teritorial darat.

    Dua prajurit TNI berada di depan “Perahu Skiff Rescue” yang merupakan bantuan dari Pangdam III/Siliwangi untuk Danrem 064/Maulana Yusuf (Sumber: Pendam III/Siliwangi)

    “Perahu Skiff Rescue tersebut jenis kapal yang didesain dengan lambung hampir datar, sarat air (draft) yang rendah, serta permukaan kapal terbuka dan dilengkapi dengan pelindung lambung yang berfungsi sebagai proteksi terhadap kapal penumpang dalam pengoperasian, terutama pada saat melakukan operasi penyelamatan atau evakuasi korban, ” ungkap Kapendam III/Siliwangi tersebut.

    Menurut Arie, karakteristik desain Skiff Rescue tersebut menjadikan kapal sangat stabil dan mudah dioperasikan, terutama pada saat pengoperasian  ̶ pencarian dan evakuasi korban  ̶  saat terjadi bencana banjir, perairan dangkal atau pesisir pantai. Hal tersebut karena dibuat perahu tersebut terbuat dari bahan composite/fiberglass dan di sekeliling perahunya dilindungi dengan Polyethylene Foam yang dibungkus dengan lembaran PVC Rubber.

    Pada bagian belakang  ̶  ruang kemudi  ̶ dipasang tali pengaman mesin, serta dibuatkan locker terpisah untuk penempatan tangki Bahan Bakar Minyak (BBM). Begitu juga pada beberapa bagian  ̶ sisi kiri dan kanan  ̶  dipasang pegangan tangan dekat juru mudi dan penumpang yang juga dapat berfungsi sebagai pegangan pada saat mengangkat perahu.

    “Pembuatan Perahu Skiff Rescue ini dilakukan dengan metode full moulded vacuum infusion sehingga  menjadikan perahu ini kuat dan ringan, serta mudah dan praktis dipersiapkan ketika dibutuhkan, ” tambah Arie.

    Spesifikasi Perahu Skiff Rescue ini memiliki panjang lambung 450 cm, lebar lambung 140 cm, tinggi lambung 40 cm, dan berat lambung 95 kg. Daya muat atau angkutnya adalah 450 Kg  ̶  delapan personel  ̶  untuk material terbuat dari composite fiberglass dengan PE Foam.

    “Mesin menggunakan penggerak mesin tempel (outboard marine engine), tenaga penggerak dua tak berpendingin air, berat mesin  26 kg, daya minimum 9 HP, kecepatan maksimum 16 knot, tanki BBM portable 10 liter, dan untuk mesin dilengkapi dengan propeller guard yang terbuat dari bahan PVC compositte, ” pungkas Kapendam.

    ***

    Editor: JHK

    Sumber: Pendam III/Siliwangi

    Danrem 064/Maulana Yusuf Pangdam III/Siliwangi Banten Jabar Perahu Skiff Rescue Brigjen TNI Yunianto Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto
    Jumari Haryadi

    Jumari Haryadi

    Artikel Sebelumnya

    Polri Permudah Pengaduan Keluhan Masyarakat...

    Artikel Berikutnya

    Terkait Proyek Jalan Tol Semarang-Batang,...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Hangatnya kehadiran polisi Polsek Salawu di tengah-tengah masyarakat
    Hangatnya kehadiran polisi Polsek Singaparna di tengah-tengah masyarakat
    Polsek Sukaraja Pastikan Warganya Aman dengan Melaksanakan Patroli dan Sambang
    Hangatnya kehadiran polisi Polsek Cibalong di tengah-tengah masyarakat
    Polsek Cibalong Laksanakan Sambang dan Patroli Guna Berikan Rasa Aman

    Ikuti Kami