Program fraud Control Plan (FCP), Sepuluh Kiat Deteksi Korupsi

    Program fraud Control Plan (FCP), Sepuluh Kiat Deteksi Korupsi
    Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh

    JAKARTA - Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh mengatakan BPKP memiliki program fraud control plan (FCP) dengan sepuluh kiat  mendeteksi korupsi yang dapat diterapkan di kementerian dan lembaga pemerintah pusat serta daerah untuk mencegah terjadinya korupsi dan kecurangan.

    “Ini spesial untuk masalah fraud atau kecurangan, jadi sebagai deteksi dan identifikasi kecurangan-kecurangan yang ada di organisasi, ” kata Ateh dalam Workshop Anti Korupsi bertajuk “Deteksi dan Pencegahan Korupsi” yang dipantau di Jakarta, Selasa.

    Ia menjelaskan, pertama, organisasi pemerintahan harus memiliki kebijakan anti kecurangan yang ditetapkan secara formal oleh pimpinan tertinggi organisasi. Selanjutnya, organisasi pemerintahan mesti memiliki unit kerja yang bertanggung jawab atas pengelolaan strategi pengendalian kecurangan.

    Kemudian, standar perilaku dan disiplin dalam organisasi juga mesti dibuat. Di samping itu, organisasi pemerintahan juga perlu memiliki manajemen risiko kecurangan.

    “Atribut kelima ialah manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), yakni bagaimana menciptakan komunitas yang imun terhadap kecurangan, yang dimulai dari proses rekrutmen, pembinaan, dan terutama proses promosi, mutasi, dan sebagainya, ” imbuh Ateh.

    Selanjutnya, organisasi pemerintahan mesti melakukan uji kelayakan saat hendak berhubungan dengan pihak ketiga, terutama dalam soal pengadaan barang dan jasa. Organisasi pemerintahan juga perlu memperkuat whistle blower system serta perlindungan pelapor dugaan kecurangan.

    Kemudian, organisasi pemerintah juga perlu secara proaktif mendeteksi proses kecurangan di setiap business process,  memiliki prosedur investigasi untuk membuktikan dugaan kecurangan, dan melakukan identifikasi, koreksi, dan eliminasi akar permasalahan dari kecurangan yang ada agar tidak terulang.

    “Peran 10 atribut fraud control plan ini akan mendorong optimalisasi peran dari manajemen, fungsi manajemen resiko atau kepatuhan, dan internal audit dalam pengendalian kecurangan, ” imbuh Ateh.

    BANDUNG PANGANDARAN KORUPSI KEUANGAN
    Nanang Suryana Saputra

    Nanang Suryana Saputra

    Artikel Sebelumnya

    Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak Di Subang...

    Artikel Berikutnya

    Terkait Proyek Jalan Tol Semarang-Batang,...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari Sambangi Warga untuk Meningkatkan Kesadaran Kamtibmas
    Bhabinkamtibmas Tanah Baru Monitoring Giat Penyaluran Bantuan BNBA
    Bhabinkamtibmas Tegal Gundil Sambang Pos Security SMAN 7 Kota Bogor
    Jadi Tuan Rumah Perhelatan Sepak Bola Liga 3 Nasional, Kapolres Subang Cek Stadion Persikas
    Personil Bhabinkamtibmas Ciparigi Sampaikan Himbauan Kepada Security Perumahan VBI

    Ikuti Kami